Kamis, 17 April 2014

Trip ke Bromo Mountain (Maret 2014)

Perjalanan saya selanjutnya adalah Gunung Bromo. Karena baru pertama kali, saya tidak tahu bahwa lebih indah menikmati matahari terbit. perjalanan dari Malang ditempuh kurang lebih 4 jam dan memang benar saya kurang beruntung karena cuaca hujan dan berkabut. Tetapi manfaat cuaca yang kurang baik itulah yang bisa membawa mobil rental saya bisa sampai ke lokasi bromo tanpa menggunakan jasa angkutan mobil hardtop ke lokasi. perjalanan yang extrim dan cukup memakan waktu yang lama itu akhirnya terbayar dengan melihat keindahan gunung batok dari kejauhan. Jujurnya saya dan kawan saya mengira itu adalah Gunung Bromo tetapi untung saja ada penduduk sekitar yang memberitahu kami bahwa itu bukan Gunung Bromo melainkan Gunung Batok.
Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.
Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Tetapi tahukah Anda jika di kawasan Bromo ada savana luas membentang seolah menyaingi lautan pasir disana? Ya ada. Nama daerah tersebut adalah Lembah Jemplang, sebuah lembah savana yang terletak di sebelah selatan Gunung Bromo. Dengan di dominasi tumbuhan tanaman jenis pakis, ilalang, tumbuhan lavender serta rerumputan lainnya membuat kawasan ini seperti karpet hijau raksasa. layaknya pemandangan di daratan tingggi New Zealand atau Skotlandia.

Bentuk Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Setelah turunan terjal, kita disambut savana yang dipenuhi bunga. Hamparan rumput liar berwarna kuning keemasan menari indah tertiup angin memanjakan mata.

Semakin ke utara padang rumput lama - kelamaan berganti menjadi lautan pasir. Letaknya persis di sebelah selatan punggung Gunung Bromo. Itulah Lembah Jemplang, Savana Di Gunung Bromo yang legendaris



Tidak ada komentar:

Posting Komentar